Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Dosen

Yulianti, Lia and Lova, Nova Rati and Wahidin, Didin and Hanafiah, Hanafiah (2022) Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Dosen. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8 (4). pp. 1547-1560. ISSN 2548-6756

[img] Text
(S4) Manajemen Mutu Pendidikan Dalam Meningkatkan Kualitas Dosen.pdf

Download (623kB)

Abstract

Pendidikan Diploma Kebidanan merupakan Pendidikan Vokasi sebagaimana tertuang dalam undang undang kebidanan tahun 2019. Mahasiswa Kebidanan pada akhir masa pendidikan vokasi atau pendidikan profesi harus mengikuti Uji Kompetensi yang bersifat nasional. Uji Kompetensi sebagaimana dimaksud pada merupakan syarat kelulusan pendidikan vokasi atau pendidikan profesi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meganalisis menajemen laboratorium kebidanan dalam meningkatkan kualitas dosen. Dimana penerapan pembelajaran akan dilakukan di laboratorium kebidanan dengan mempersiakan bahan ajar dan kemampuan skil dosen untuk menentukan kualiatas dosen. Penelitian ini dilakukan dengan Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Adapun data yang akan di kumpulkan dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa menajemen dalam menerapkan pembelajaran praktek di labarotorium kebidanan dapat berjalan dengan sesuai dengan standar. Pendukung lainnya melaui metode pembelajaran yang dilakukan oleh dosen melalui simulasi dapat memberikan kemampuan skil yang baik. Adapun implementasi pembelajaran pada dosen pembimbing praktek masih minim dalam pengalaman klinis di lapangan sehingga pengelolaan berdampak pada mutu manajemen laboratorium klinik kebidanan

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Ilmu Pendidikan (S3)
Depositing User: Admin Administrator Uninus
Date Deposited: 11 Apr 2023 19:13
Last Modified: 11 Apr 2023 19:13
URI: http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/63

Actions (login required)

View Item View Item