Perencanaan Stratejik Pada Lembaga Pendidikan Nonformal Dan Informal (Studi Kasus Pada PKBM Minda Utama Dan Homeschooling Millenial Unggul Di Kota Bandung)

Warta, Waska and Syam, Rifqi Zaeni Achmad (2023) Perencanaan Stratejik Pada Lembaga Pendidikan Nonformal Dan Informal (Studi Kasus Pada PKBM Minda Utama Dan Homeschooling Millenial Unggul Di Kota Bandung). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (04). pp. 1549-1563. ISSN 2581-1754

[img] Text
Artikel.pdf

Download (405kB)

Abstract

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) sebagai Satuan Pendidikan Nonformal, dan Homeschooling dari sisi informal, berkembang relatif pesat. Penyelenggara dihadapkan pada situasi kompetitif, sementara tantangan pengelolaannya dituntut lebih baik dan Professional. Penyelenggaraan pendidikan melalui PKBM dan Homeschooling dikelola dengan baik, namun pada umumnya lebih berorientasi pada aspek operasional dan teknis. Renstra menjadi penting. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mendalami: apakah perencanaan strategis dilakukan satuan pendidikan nonformal dan informal? Serta, mengapa dan bagaimana penerapannya? Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan menerapkan metode studi kasus terkait penyelenggaraan pendidikan nonformal dan informal. Fenomena, peristiwa dan keadaan yang diteliti dijelaskan secara natural atau ‘sebagaimana adanya’. Obyek penelitian dan sumber data adalah PKBM Minda Utama pada Pendidikan Kesetaraan dan Homeschooling Millenial Unggul di kota Bandung. Satuan pendidikan nonformal dan informal, dalam hal ini PKBM dan Homeschooling, telah melakukan inisiatif yang kuat dalam menyusun rencana penyelenggaraan pendidikan, namun lebih berorientasi pada aspek operasional dan teknis serta dalam rentang waktu pendek. Lembaga atau satuan pendidikan belum melakukan perancanaan stratejik untuk dirinya, sehingga perlu inisiatif berbasis konseptual akademis untuk menghasilkan renstra yang tepat dan dapat dipertanggungjawabkan. Diperlukan perbaikan langkah dan muatan pemikiran dalam menyusun renstra sesuai pada satuan/lembaga PNF dan Informal. Dalam posisi, peran dan fungsinya yang strategis, satuan pendidikan nonformal dan informal kini perlu mencanangkan tujuan jangka panjang dan strategi untuk berkinerja superior dan memiliki keunggulan kompetitif agar bertumbuh-kembang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Nonformal dan Informal, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Homeschooling
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Admin Administrator Uninus
Date Deposited: 02 Jul 2024 05:25
Last Modified: 02 Jul 2024 05:25
URI: http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/247

Actions (login required)

View Item View Item