Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sma Al Qona’ah Baleendah Kabupaten Bandung

Hidayat, Ayi Najmul and Sauri, R Supyan and Rhamdani, Nuron and Alam, Rudi and Kusmiyati, Nany and Mahmudah, Umi (2023) Manajemen Pembiayaan Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Di Sma Al Qona’ah Baleendah Kabupaten Bandung. Muntazam: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4 (01). pp. 30-37.

[img] Text
8568-22610-1-10-20230125.pdf

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mendapatkan gambaran dan menganalisis tentang Manajemen Pembiayaan Pendidikan dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMA Al Qona’ah Baleendah Tahun Ajaran 2021/2022. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metodenya menggunakan metode deskriptif, Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah melalui Observasi, wawancara dan studi dokumentasi, dengan subjek penelitian Kepala Sekolah, Bendahara, Guru, dan Komite Sekolah. Lokasi penelitian di SMA Al Qona’ah Baleendah Kecamatan Baleendah Kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Perencanaan pembiayaan pendidikan di SMA Al Qona’ah Baleendah dilakukan dengan rapat bersama seluruh warga sekolah. (2) Teknik pengorganisasian pembiayaan pendidikan berdasarkan kepada standar yang diprioritaskan untuk meningkatkan mutu pembelajaran. (3) Pelaksanaan pembiayaan pendidikan dilakukan berdasarkan pedoman RKAS dan RAPBS serta dibuatkan laporan pertanggungjawaban setiap bulannya. (4) evaluasi pembiayaan dilakukan secara intern dan ekstern, yaitu secara intern dilakukan oleh Kepala Sekolah dan Komite Sekolah, dan secara ekstren oleh Dinas Pendidikan Provinsi melalui Cabang Dinas Pendidikan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa (S1)
Depositing User: Admin Administrator Uninus
Date Deposited: 06 Jun 2023 13:05
Last Modified: 06 Jun 2023 13:05
URI: http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/199

Actions (login required)

View Item View Item