SALMAN, Salman and ARYANI, Wiwik Dyah, Wiwlk Dyah Aryani (2025) Kontribusi Majelis Munadhoroh wal Maktabah (M3) terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Santri Pondok Pesantren. Jurnal Sains dan Pendidikan (JSE), 6 (1). pp. 1-10. ISSN 2745-5351
![]() |
Text (Kontribusi Majelis Munadhoroh wal Maktabah (M3) terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Santri Pondok Pesantren)
622__x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (141kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji kontribusi Majelis Munadhoroh wal Maktabah (M3) dalam meningkatkan motivasi belajar santri di pondok pesantren, dengan fokus pada implementasinya di Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Bangkalan. Dengan menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, penelitian ini melibatkan koordinator program M3, guru, dan santri yang berpartisipasi aktif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan analisis dokumen, serta dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña. Temuan penelitian menunjukkan bahwa M3 meningkatkan motivasi intrinsik dan ekstrinsik melalui partisipasi aktif, pengembangan literasi kitab kuning terstruktur , dan penanaman nilai-nilai Islam seperti tawadhu ' dan persaudaraan ( ukhuwah ). Faktor pendukung meliputi fasilitas perpustakaan yang lengkap, platform digital STAISyaichona e-Resource, ruang belajar yang kondusif, dan dukungan kelembagaan yang kuat. Namun, mempertahankan dampak M3 membutuhkan kualitas fasilitasi yang konsisten, pelatihan literasi digital, dan kolaborasi pemangku kepentingan yang berkelanjutan. Studi ini menyimpulkan bahwa M3 merupakan model pendidikan hibrida yang melestarikan pembelajaran pesantren tradisional sekaligus mengintegrasikan inovasi pembelajaran modern, menjadikannya kerangka kerja yang dapat direplikasi untuk meningkatkan motivasi siswa dalam pendidikan Islam.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Majelis Munadhoroh wal Maktabah, motivasi belajar santri, Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil, pembelajaran kolaboratif, integrasi digital. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2) |
Depositing User: | Cucu Cucu Yulianti |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:52 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 02:52 |
URI: | http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/321 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |