Efektivitas Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa

SULTAN, Utep, Utep Sultan and KOSASIH, Fitriyani, Fitriyani kosasih (2025) Efektivitas Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa. Jurnaol Science of education, 6 (1.1). pp. 1-10.

[img] Text
620__x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter religius siswa di MTs An-Nur, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambat dalam implementasinya. Penelitian ini didasari oleh pemahaman PAI sebagai instrumen strategis untuk membina generasi yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak mulia di tengah tantangan globalisasi, pengaruh media digital, dan pergeseran nilai-nilai sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Subjek penelitian meliputi guru PAI, kepala sekolah, siswa, dan orang tua, yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipan, wawancara mendalam, dan analisis dokumen, serta dianalisis menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldaña, yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan/verifikasi simpulan. Keabsahan data dipastikan melalui triangulasi sumber dan pengecekan anggota. Temuan penelitian menunjukkan bahwa IRE di MTs An-Nur berkontribusi positif terhadap pengembangan karakter religius siswa melalui kurikulum yang mengintegrasikan nilai-nilai Islam, keteladanan guru, strategi pembelajaran partisipatif, dan lingkungan sekolah yang suportif. Namun, efektivitasnya terhambat oleh terbatasnya integrasi nilai-nilai agama ke dalam kehidupan sehari-hari, pengaruh media sosial dan budaya populer, serta kurangnya sinergi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat. Penelitian ini merekomendasikan strategi untuk meningkatkan efektivitas IRE melalui integrasi nilai-nilai Islam di semua mata pelajaran, pengembangan profesional berkelanjutan bagi guru IRE, kolaborasi multipihak, dan pemanfaatan teknologi sebagai media pendidikan karakter.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam (S2)
Depositing User: Cucu Cucu Yulianti
Date Deposited: 16 Oct 2025 02:52
Last Modified: 16 Oct 2025 02:52
URI: http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/316

Actions (login required)

View Item View Item