WIBOWO, Agung Hardianto, Agung Hardianto Wibowo and ABDURAHMAN, Nana Herdiana, Nana Herdiana Abdurrahman and MULYANTO, Agus, Agus Mulyanto and ASROFI, Imam, Imam Asrofi (2025) Implementasi Manajemen Mutu dalam Peningkatan Kinerja Guru untuk Mewujudkan Lulusan SMA Swasta yang Unggul. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6 (3). ISSN 2716-375X
![]() |
Text
4423 - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (62kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan gambaran tentang Manajemen Mutu dalam Peningkatan Kinerja Guru untuk Menghasilkan Lulusan yang Unggul dan Berdaya Saing di SMA Islam Al Kahfi Bogor dan SMA Mentari Ilmu Karawang. Penelitian ini didasarkan pada teori manajemen mutu Deming, konsep peningkatan kinerja, dan prinsip pengembangan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, di mana informan utama terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, serta tenaga kependidikan yang memiliki peran dalam pengelolaan mutu pendidikan di kedua sekolah tersebut. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumen untuk mendapatkan data yang komprehensif mengenai strategi peningkatan kinerja guru. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis tematik, yang melibatkan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategis telah disusun dengan matang melalui rencana kerja sekolah yang terstruktur dan mencakup berbagai program peningkatan mutu guru. Organisasi dan pengelolaan tenaga pendidik dilakukan melalui pembentukan tim pelaksana yang bertanggung jawab atas peningkatan kinerja guru. Pelaksanaan program mencakup pendampingan guru secara rutin, seminar motivasi, serta evaluasi berkala. Tantangan internal dan eksternal telah diidentifikasi, disertai dengan strategi penyelesaian masalah yang sesuai. Keterlibatan guru dalam pengambilan keputusan dan pelaksanaan program diperkuat, dengan menekankan transparansi dan akuntabilitas sebagai prinsip utama dalam evaluasi dan pelaporan kinerja.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Cucu Cucu Yulianti |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:51 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 02:51 |
URI: | http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |