TIRTAJAYA, Arman, Arman Tirtajaya and WASLIMAN, Iim, Iim Wasliman and YOSEPTRY, Ricky, Ricky Yoseptry and WARTA, Waska, Waska Warta (2025) Manajemen Pembelajaran Berbasis Internet dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Siswa Berbahasa Inggris. JMPIS: Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 6 (3). ISSN 2716-375X
![]() |
Text
4372 - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (66kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi pembelajaran berbasis internet dalam meningkatkan keterampilan berkomunikasi bahasa Inggris peserta didik di SMA Alfa Centauri Bandung dan SMA BPI 1 Bandung. Menggunakan pendekatan studi kasus, penelitian ini menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran berbasis internet, serta dampaknya terhadap keterampilan komunikasi bahasa Inggris siswa. Sumber data penelitian terdiri dari wawancara mendalam dengan guru bahasa Inggris dan peserta didik, observasi kelas, serta dokumentasi pembelajaran yang mencakup materi pembelajaran dan hasil evaluasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif dengan menggunakan teknik analisis tematik dan triangulasi data untuk meningkatkan validitas hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua sekolah telah merancang pembelajaran berbasis internet secara efektif dengan memanfaatkan berbagai platform digital, seperti Google Classroom, Zoom, Kahoot!, dan Quizizz, untuk mendukung pembelajaran aktif dan interaktif. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator, dengan memanfaatkan teknologi untuk mendorong partisipasi siswa melalui kegiatan seperti diskusi online, debat, role-play, dan presentasi kelompok. Evaluasi pembelajaran menggunakan rubrik penilaian, portofolio digital, dan observasi menunjukkan peningkatan signifikan dalam keterampilan berbicara bahasa Inggris siswa. Meskipun terdapat hambatan seperti kesenjangan akses teknologi dan adaptasi guru terhadap metode pembelajaran berbasis internet, sekolah berhasil mengatasi tantangan ini melalui pelatihan teknologi untuk guru, peningkatan infrastruktur, serta bimbingan individu bagi siswa yang mengalami kesulitan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kolaborasi antara perencanaan pembelajaran yang matang, pemanfaatan teknologi yang tepat, dan peran aktif guru dapat secara signifikan meningkatkan keterampilan komunikasi bahasa Inggris siswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan global di era digital.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Ilmu Pendidikan (S3) |
Depositing User: | Cucu Cucu Yulianti |
Date Deposited: | 16 Oct 2025 02:50 |
Last Modified: | 16 Oct 2025 02:50 |
URI: | http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |