Upaya Pendidikan Nonformal Dalam Mengatasi Pengaruh Media Sosial di Kalangan Remaja

Ahmad Jaenudin, Ahmad Jaenudin and Sobari, Sobari (2025) Upaya Pendidikan Nonformal Dalam Mengatasi Pengaruh Media Sosial di Kalangan Remaja. Jurnal Transformasi is a peer-reviewed, 11 (02). pp. 610-621. ISSN 2962-9306

[img] Text (Upaya Pendidikan Nonformal Dalam Mengatasi Pengaruh Media Sosial di Kalangan Remaja)
Ahmad+Jaenudin,+Sobari.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (460kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak pendidikan nonformal dalam mengatasi pengaruh media sosial terhadap perilaku sosial dan kesejahteraan mental remaja. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan survei dan wawancara yang melibatkan dua kelompok responden, yaitu remaja yang mengikuti program pendidikan nonformal dan remaja yang tidak mengikuti program tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipasi dalam pendidikan nonformal berhubungan signifikan dengan pengurangan waktu yang dihabiskan di media sosial, penurunan kecemasan sosial, serta peningkatan kemampuan dalam pengelolaan stres dan emosi. Remaja yang mengikuti program pendidikan nonformal melaporkan perasaan lebih percaya diri dan mampu mengelola pengaruh negatif dari media sosial dengan lebih baik. Kesimpulannya, pendidikan nonformal memiliki dampak positif yang signifikan dalam membantu remaja mengelola pengaruh media sosial, baik dari segi sosial maupun psikologis, serta meningkatkan kesejahteraan mental mereka. Temuan ini menegaskan pentingnya pendidikan nonformal sebagai alat untuk meningkatkan kualitas hidup remaja di era digital.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Cucu Cucu Yulianti
Date Deposited: 30 Sep 2025 06:11
Last Modified: 30 Sep 2025 06:11
URI: http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/279

Actions (login required)

View Item View Item