Manajemen Sistem Penilaian dan Pelaporan Pembelajaran Daring di SMA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Cilacap)

Hidayat, Ayi Najmul and Ratnawulan, Teti and Aljihad, Fuad and Heri, Heri (2022) Manajemen Sistem Penilaian dan Pelaporan Pembelajaran Daring di SMA (Studi Kasus di SMA Negeri 1 Cilacap). JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 4 (02). pp. 217-229. ISSN 2656-6966

[img] Text
ANH-594-Article.pdf

Download (387kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tuntutan digitalisasi di era teknlogi yang memerlukan kecepatan pelayanan, kejujuran, dan tuntutan perkembangan zaman. Hal tersebut didukungoleh Dirjen Dikdasmen melaluiEdaran Dirjen Dikdasmen Kemendikbud Nomor: 08/D/KR/2017 tentang pengisian nilai akhir rapor, US dan USBN di Dapodik khususnya di tingkat SMA, maka seluruh SMA yang sudah ditunjuk untuk menggunakan e-raportmulai tahun 2017.Penelitian ini bertujuan untuk memeroleh gambaran dan menganalisis perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaaan manajemen penilaian pembelajaran secara daring di SMAKabupaten Cilacap (Studi Kasus di SMAN 1 Cilacap).SMAN 1 Cilacap adalah salah satu sekolah yang telah menerapkan e-raportdi tingkat SMA daisekitar 1.400 (Total SMA di Indonesia 13.000 sekolah)dan pelaporannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan dengan mengimplementasikan prinsip-prinsip manajemen G.R. Terry, yaitu perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan dalam penilaian dan pelaporan hasil belajar siswanyadengan pemanfaatan IT.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Simpulan, pada semua tahapan manajemen, baik perencanaan, pengorganisasian, dan pelaksanaan penilaian dan pelaporan hasil belajar telah dilakukan bersama oleh segenap unsur sekolah, dikordinasikan oleh sekolah lewat tim kurikulum yang bekersajama manajemensekolah, tim pengembang sekolah, dibantu wakil kepala sekolah,dan tim kurikulum, serta dengan seluruh guru. Dalam pelaksanaannya, kendala yang dihadapi(kendala SDM dan teknis)dapat diatasi dengan pendampingan oleh tim IT bersama para guru. Kata kunci:manajemen, penilaian, daring

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa (S1)
Depositing User: Admin Administrator Uninus
Date Deposited: 06 Jun 2023 14:12
Last Modified: 06 Jun 2023 14:12
URI: http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/206

Actions (login required)

View Item View Item