Ratnawulan, Teti and Hidayat, Ayi Najmul and Mugiarto, Mugiarto and Chamidi, Agus Salim (2022) Manajemen Pondok Pesantren dalam Pembentukan Sikap Kemandirian Santri di Pondok Pesantren Ell-Futhah Bulupayung. JURNAL KRIDATAMA SAINS DAN TEKNOLOGI, 4 (02). pp. 260-273. ISSN 2656-6966
Text
ANH-603-Article.pdf Download (317kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam pengelolaan pondok pesantren dalam pembentukan sikap kemandirian santri di Pondok Pesantren Ell-Futhah Bulupayung, mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi program. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data pengamatan ketekunan, dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pendidikan dalam program pembentukan sikap kemandirian santri di Pondok PesantrenEll-Futtah Bulupayung dilakukan dengan empat tahapan yaitu (1) Perencanaan sudah ada sebelum program kemandirian dilaksanakan seperti pengadaan rapat, pemilihan program kemandirian, dan lain-lain. Tahap perencanaan meliputi: perencanaan kurikulum, bahan ajar, tenaga, sarana dan prasarana, serta perencanaan program; (2) Penyelenggaraan dilaksanakan dengan melibatkan unsur-unsur pondok pesantren seperti ustadz, pembina, instruktur dan semua unsur untuk membantu menyelenggarakan program kemandirian santri sudah berjalan dengan baik walaupun masih kekurangan sumber daya manusia karena pembagian tugas masih bertumpuk dan jumlah santri yang mengikuti kegiatan keterampilan di pesantren; (3) Pelaksanaan program dilaksanakan dengan beberapa tahapan yaitu melaksanakan kegiatan belajar mengajar, kegiatan rutin wajib organisasi pondok pesantren, kegiatan perseorangan santri sehari-hari, kegiatan penunjang, dan tata tertib.dari pondok; (4) Pengawasan dan evaluasi program, pengurus dan pengelola serta masyarakat ikut mengevaluasi kegiatan tersebut. Jika ada kekurangan, maka akan diberikan masukan untuk perbaikan kedepannya. Kata Kunci: Perencanaan, Pengorganisasian, Pelaksanaan, Monitoring dan Evaluasi Program, Kemandirian Mahasiswa
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa (S1) |
Depositing User: | Admin Administrator Uninus |
Date Deposited: | 06 Jun 2023 14:12 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 14:12 |
URI: | http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/205 |
Actions (login required)
View Item |