PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ABK PADA MAHASISWA PRODI PLB FKIP UNINUS BANDUNG

Hidayat, Ayi Najmul and Mutaqien, Kingking (2018) PENERAPAN NILAI-NILAI KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERTUMBUHAN DAN PERKEMBANGAN ABK PADA MAHASISWA PRODI PLB FKIP UNINUS BANDUNG. INCLUSIVE: Journal of Special Education, 4 (1).

[img] Text
401-801-1-SM.pdf

Download (133kB)

Abstract

Penerapan nilai-nilai karakter melalui pembelajaran sangat memungkinkan untuk dilakukan oleh dosen PLB FKIP Uninus Bandung, terutama mata kuliah pertumbuhan dan perkembangan ABK karena bahan yang diajarkan dapat dihubungkan dengan nilai-nilai karakter. Tujuan penelitian ini untuk memperoleh gambaran penerapan nilai-nilai karakter melalui mata kuliah pertumbuhan dan perkembangan ABK pada mahasiswa Prodi PLB FKIP Uninus Bandung. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif sedangkan metodenya studi kasus. Respondennya adalah dosen dan mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan melalui penggunaan pedoman wawancara dan observasi. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum penerapan nilai-nilai karakter pada pembelajaran dimulai, dosen memahami dan mengidentifikasi nilai-nilai karakter mahasiswa yang menunjang keberhasilan dalam hidupnya melalui tugas yang ditulis mahasiswa. Kemudian mengembangkannya pada pembelajaran dengan memberikan contoh-contoh materi mata kuliah yang berkaitan dengan nilai-nilai karakter. Penerapan nilai-nilai karaker dikembangkan melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran mata kuliah pertumbuhan dan perkembangan ABK. Setiap mahasiswa diberi kesempatan berkonsultasi untuk lebih mengembangkan nilai-nilai karakternya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa (S1)
Depositing User: Admin Administrator Uninus
Date Deposited: 29 May 2023 17:50
Last Modified: 29 May 2023 17:50
URI: http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/187

Actions (login required)

View Item View Item