PELAKSAAAN KONSELING KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KARAKTER MAHASISWA PLB FKIP UNINUS BANDUNG

Hidayat, Ayi Najmul (2018) PELAKSAAAN KONSELING KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KARAKTER MAHASISWA PLB FKIP UNINUS BANDUNG. INCLUSIVE: Journal of Special Education, 4 (2).

[img] Text
905-1794-1-SM.pdf

Download (149kB)

Abstract

Kurang berhasilnya pelaksanaan konseling pada mahasiswa PLB FKIP Uninus Bandung salah satunya dikarenakan belum adanya konseling yang dilaksanakan berdasarkan kompetensi dan kerjasama. Oleh karena itu, diperlukan penerapan konseling yang dapat mengembangkan kompetensi dan kerjasama dengan mahasiswa PLB FKIP Uninus Bandung. Tujuan penelitian ini, tersusunnya model hipotetik. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan metodanya deskriptif. Subjek penelitian adalah dosen dan mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa merasa meningkat nilai-nilai karakternya terutama berkaitan dengan nilai kreatif, tanggung jawab, jujur, kerja keras, menghargai prestasi orang lain, peduli sosial, demokratis, dan bersahabat. Adapun komponen model hipotetik pelaksanakan konseling kolaboratif untuk meningkatkan karakter mahasiswa FKIP Uninus Bandung, terdiri dari : rasionalisasi, tujuan, materi layanan konseling kolaboratif, persyaratan untuk melaksanakan konseling kolaboratif, teknik konseling kolaboratif, dan evaluasi. Data dianalisis secara kualitatif. Kata Kunci: Pelaksanaan Konseling Kolaboratif; Karakter Mahasisawa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa (S1)
Depositing User: Admin Administrator Uninus
Date Deposited: 29 May 2023 17:50
Last Modified: 29 May 2023 17:50
URI: http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/186

Actions (login required)

View Item View Item