PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB WARTAWAN KOTA BANDUNG

Hidayat, Ayi Najmul (2021) PELAKSANAAN MANAJEMEN KELAS UNTUK ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB WARTAWAN KOTA BANDUNG. INCLUSIVE: Journal of Special Education, 7 (2).

[img] Text
2097-4041-1-SM.pdf

Download (135kB)

Abstract

Manajemen kelas untuk anak tunagrahita ringan di SLB Wartawan Kota Bandung, seharusnya dapat menunjang, memfasilitasi dan memotivasi belajar anak tunagrahita ringan, sehingga membantu tercapainya tujuan pembelajaran. Kondisi di SLB Wartawan masih kurang optimal dalam melaksanakan manajemen kelas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pelaksanaan manajemen kelas untuk anak tunagrahita ringan di SLB Wartawan Kota Bandung. Dalam Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjeknya guru, tehnik pengumpulan datanya observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan manajemen kelas yang dilakukan guru masih perlu ditingkatkan baik secara fisik maupun secara non fisik. Secara fisik maksudnya dalam bentuk pengelolaan sarana yang ada di kelas, sedangkan secara non fisik dalam bentuk penciptaan suasana kelas yang menyenangkan, dan dapat memotivasi belajar anak tunagrahita ringan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa (S1)
Depositing User: Admin Administrator Uninus
Date Deposited: 29 May 2023 17:34
Last Modified: 29 May 2023 17:34
URI: http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/184

Actions (login required)

View Item View Item