PERANAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN IKLIM BUDAYA SEKOLAH (IMIBS) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK)

Hidayat, Ayi Najmul and Mutaqien, Kingking and Setiasij, Ocih (2020) PERANAN IMPLEMENTASI MANAJEMEN IKLIM BUDAYA SEKOLAH (IMIBS) DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK). INCLUSIVE: Journal of Special Education, 6 (1).

[img] Text (Dok)
1162-2405-1-SM.pdf

Download (148kB)

Abstract

Pengembangan karakter di SLB harus diutamakan dan dilaksanakan pada setiap waktu di sekolah. Pengembangan karakter untuk ABK dapat dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, namun waktunya sangat terbatas. Oleh karena itu, maka guru sebaiknya bekerja sama dengan orang tua ABK untuk memberikan bimbingan dalam mengembangkan karakter ABK di rumah. Tujuan penelitian ini adalah bagaimana peranan implementasi manajemen iklim budaya sekolah (IMIBS) dalam mengembangkan karakter Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif, pendekatannya kualitatif, alat pengumpul datanya pedoman wawancara, pedoman observasi dan angket, tempat penelitiannya di SLB Wartawan Kota Bandung. Data dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SLB Wartawan telah (1) melakukan IMIBS untuk mengembangkan karakter, terbukti hampir setiap kelasnya kondusif untuk mengembangkan karakter ABK; (2) mengintegrasikan nilai karakter pada pembelajaran terbukti guru telah memadukan nilai karakter dengan materi yang akan diajarkan; (3) memanfaatkan IMIBS dalam melaksanakan bimbingan melalui pembelajaran, terbukti layanan bimbingan dijadikan sebagai salah satu komponen yang sangat penting dan IMIBS sebagai faktor pendukung dalam melaksanakan bimbingan pada waktu melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa (S1)
Depositing User: Admin Administrator Uninus
Date Deposited: 29 May 2023 17:22
Last Modified: 29 May 2023 17:22
URI: http://repository.uninus.ac.id/id/eprint/182

Actions (login required)

View Item View Item