PROBLEMA KURIKULUM TERHADAP INOVASI PENDIDIKAN
Abstract

Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi diupayakan untuk mencapai tujuan pendidikan. Tujuan tersebut akan terwujud melalui kurikulum yang dirancang dengan memperhatikan aspek-aspek kebutuhan peserta didik, perkembangan ilmu dan teknologi, tuntutan masyarakat serta berdasarkan analisis situasi yang ada. Perkembangan teknologi yang terjadi dewasa ini turut mempengaruhi kurikulum. Pada perkembangannya, kurikulum menjadikan TIK sebagai bagian dari kajian subject matter yang harus dipelajari oleh peserta didik (ICT as science) dan TIK juga mempengaruhi sistem serta model pengembangan kurikulum. Dengan demikian lahirnya model-model pembelajaran yang berbasis TIK seperti e-learning, virtual learning, Computer Based Training, Open and Distance Learning tidak terpisah dari kurikulum sebagai desain sekaligus model implementasi dari bentuk-bentuk pembelajaran tersebut. Sebaiknya kurikulum tidak hanya focus pada tujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa dibidang pendidikan umum (pelajaran) saja, melainkan harus ada kurikulum yang bertujuan untuk menghasilkan generasi-generasi yang berakhlak mulia, bermoral, bersopan santun, taat dan bertakwa. Jadi selain kreatif dan memiliki inovatif , siswa didik juga memiliki akhlak dan moral yang baik. Pembuatan kurikulum juga harus disesuaikan dengan tingkat pemahaman siswa dan budaya daerah yang ada di Indonesia.

Dibuat oleh : Ade Tutty
Kode Buku :
Tempat Terbit :
Tahun Terbit :
Type :
Halaman :
Kategori Buku :
Devision :

File Terbaru